TUJUAN EVENT :
Secara umum, tujuan kegiatan ini adalah melaksanakan Kampanye
Sadar Wisata untuk Masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan
kapasitas masyarakat desa wisata dalam pelayanan wisata dan
pengembangan produk wisata secara inklusif dan terintegrasi dengan
Kawasan 6 DPP P3TB yang disasar untuk peningkatan kesejahteraan sosial
ekonomi masyarakat.
AUDIENCE :
1. Kelompok masyarakat yang secara langsung berhubungan dengan
kegiatan usaha atau bisnis pariwisata
2. Kelompok masyarakat secara tidak langsung mendukung kegiatan wisata,
seperti tokoh masyarakat, mahasiswa, pelajar, pekerja formal
(ASN/SWASTA), Pramuka, Karang Taruna, PKK, Lembaga Keagamaan,
Pengurus RT/RW, Pemerintah Desa, BPD, LPMD, dan kelompok sosial
masyarakat lainnya.
DESKRIPSI EVENT :
Pariwisata merupakan salah satu sektor strategis yang memiliki peran
dan kontribusi penting dalam pembangunan perekonomian nasional
maupun daerah/lokal. Kemajuan dan kesejahteraan ekonomi yang semakin
tinggi telah menjadikan pariwisata sebagai bagian pokok dari kebutuhan
atau gaya hidup manusia bahkan telah menggerakkan jutaan manusia untuk
mengenal alam dan budaya ke belahan dunia lainnya. Pergerakan jutaan
manusia selanjutnya menggerakkan mata rantai ekonomi yang saling
berkaitan. Industri jasa yang memberikan kontribusi penting bagi
perekonomian dunia, perekonomian negara-negara lainnya hingga pada
peningkatan kesejahteraan ekonomi di tingkat lokal khususnya masyarakat
di destinasi pariwisata.
Sadar Wisata untuk merupakan kegiatan yang ditujukan untuk
membangun pola pikir masyarakat agar menjadi pemeran aktif dalam
pengembangan pariwisata di daerahnya. Kegiatan yang selama ini
dilaksanakan adalah dengan mengumpulkan masyarakat dan diberikan
materi berupa dasar–dasar pariwisata, cara menggali potensi pariwisata,
cara mengemas potensi pariwisata menjadi daya tarik dan bagaimana
menawarkan/mempromosikan daya tarik yang telah dikemas tersebut.
Dalam rangka penguatan Program Sadar Wisata telah dilakukan Kajian
Program Sadar Wisata dengan hasil Program Sadar Wisata yang lebih sesuai
dengan perkembangan masyarakat saat ini. Sebagai bentuk implementasi
kajian ini, Program Sadar Wisata yang baru dibagi dalam 2 (dua) konten
utama, yaitu:
1. Sadar Wisata, yang meliputi:
a. Sapta Pesona
b. Pelayanan Prima
c. CHSE = Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety
(Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan)